WhatsApp Icon

Perluas Syiar Zakat Jelang Ramadhan, BAZNAS RI Maksimalkan Kantor Digital

16/02/2025  |  Penulis: Humas BAZNAS Kutim

Bagikan:URL telah tercopy
Perluas Syiar Zakat Jelang Ramadhan, BAZNAS RI Maksimalkan Kantor Digital

#CintaZakatMenyejahterakanUmmat #BerkahBerzakat

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI terus memperkuat strategi komunikasi digital guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menunaikan zakat, infak, dan sedekah (ZIS), terutama menjelang bulan Ramadhan.

Sebagai langkah nyata, BAZNAS kini telah mengoperasikan 260 Kantor Digital yang tersebar di tingkat pusat, provinsi, serta kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Keberadaan Kantor Digital ini diharapkan dapat memperluas jangkauan syiar zakat serta meningkatkan efektivitas penghimpunan dana umat.

Hal ini disampaikan dalam acara "Pengajian Berbagi Ilmu Berbagi Pengalaman" bertema "Membangun Komunikasi dan Channeling Digital Marketing di Bulan Ramadhan" yang digelar oleh Pusdiklat BAZNAS dan disiarkan melalui kanal YouTube BAZNAS TV baru-baru ini. Acara ini menghadirkan Pimpinan BAZNAS RI Bidang Transformasi Digital Nasional, Prof. Ir. Nadratuzzaman Hosen, MS., M.Ec, Ph.D., serta Kepala Biro Komunikasi Publik BAZNAS RI, Ndari Rumi Widyawati.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Transformasi Digital Nasional, Prof. Ir. Nadratuzzaman Hosen, MS., M.Ec, Ph.D., menegaskan bahwa strategi komunikasi selama Ramadhan harus difokuskan pada upaya fundraising dan syiar zakat agar dapat berdampak langsung pada peningkatan penghimpunan ZIS.

"Seiring dengan perkembangan teknologi, cara komunikasi juga terus berkembang. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi komunikasi yang efektif agar pesan zakat dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat," ujar Nadratuzzaman. Ia juga menambahkan bahwa momentum Ramadhan harus dimanfaatkan secara optimal dengan menerapkan strategi komunikasi yang berkelanjutan.

"Strategi ini tidak hanya untuk meningkatkan penggalangan dana zakat, tetapi juga untuk menanamkan kesadaran berzakat dalam jangka panjang," katanya. Menurutnya, komunikasi yang efektif harus mampu menggugah hati para muzaki agar lebih terdorong untuk menunaikan zakatnya melalui BAZNAS. "Dengan strategi komunikasi yang tepat, kita bisa meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat dalam program zakat," tambahnya.

Nadratuzzaman berharap bahwa penguatan komunikasi digital ini tidak hanya dilakukan di tingkat pusat dan provinsi, tetapi juga menjangkau seluruh BAZNAS kabupaten/kota di Indonesia. "Baik melalui penulisan artikel maupun strategi komunikasi lainnya, kita harus meliterasi dan menyebarkan syiar zakat hingga pelosok negeri agar semakin banyak muzaki yang berkontribusi," jelasnya. Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Publik BAZNAS RI, Ndari Rumi Widyawati, menekankan bahwa Kantor Digital BAZNAS kini menjadi sarana utama dalam menyampaikan informasi serta kampanye zakat secara lebih transparan dan kredibel.

"Dengan adanya Kantor Digital, informasi tentang zakat dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat luas. BAZNAS juga telah melakukan banyak upaya untuk mendorong agar kinerja dan syiar zakat yang dilakukan oleh BAZNAS seluruh Indonesia dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat sehingga kepercayaan masyarakat dapat terus meningkat," lanjutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Kantor Digital BAZNAS tidak hanya menyediakan informasi terkait zakat, tetapi juga menampilkan berbagai program pemberdayaan BAZNAS, seperti Balai Ternak BAZNAS, Lumbung Pangan BAZNAS, ZChicken, Zauto, ZMart, serta program lain yang diperuntukkan bagi para mustahik. "Dengan adanya Kantor Digital ini diharapkan kesadaran masyarakat untuk berzakat akan semakin meningkat, terutama menjelang bulan Ramadhan. Kami juga berkomitmen untuk terus mengoptimalkan Kantor Digital BAZNAS se-Indonesia dalam rangka meningkatkan syiar zakat," ucapnya.

Kontributor : Adam Fakhrian Editor : ayu

Bagikan:URL telah tercopy
Info Rekening Zakat

Info Rekening Zakat

Mari tunaikan zakat Anda dengan mentransfer ke rekening zakat.

BAZNAS

Info Rekening Zakat